Perkembangan internet saat ini memang sangat pesat. Secara harfiah,
internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian
komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet
(huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara
global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar
dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini
dinamakan internetworking.
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling
berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan
dari jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat,
akademis, dan pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang
dihubungkan oleh serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan
optik. Internet membawa array yang luas dari sumber informasi dan jasa,
terutama dokumen-dokumen hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW)
dan infrastruktur untuk mendukung surat elektronik.
Kebanyakan media komunikasi tradisional, seperti telepon dan televisi,
mengubah bentuk maupun didefinisikan ulang dengan menggunakan teknologi
Internet, sehingga menimbulkan berbagai layanan seperti Voice over
Internet Protocol (VoIP) dan IPTV. Penerbitan surat kabar telah mengubah
wajah ke situs Web, blog, dan web feed. Internet telah diaktifkan atau
mempercepat penciptaan bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui
pesan instan, Internet forum, dan situs jaringan sosial.Asal-usul
Internet mencapai kembali ke penelitian di tahun 1960-an, baik
ditugaskan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengembangkan
proyek-proyek dari badan-badan militer untuk membangun kuat,
kesalahan-toleran, dan jaringan komputer terdistribusi serta penelitian
swasta. Penelitian ini dan periode pendanaan sipil tulang punggung US
baru oleh National Science Foundation, serta pendanaan swasta untuk
tulang punggung komersial melahirkan partisipasi seluruh dunia dalam
pengembangan teknologi jaringan baru dan menyebabkan banyak penggabungan
jaringan. Komersialisasi jaringan internasional di pertengahan tahun
1990-an, mengakibatkan mempopulerkan berikut aplikasi yang tak terhitung
jumlahnya di hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada 2009,
sebuah kuartal diperkirakan penduduk bumi menggunakan layanan dari
Internet.
WWW (World Wide Web) merupakan bagian dari internet yang cepat
berkembang dan paling populer. WWW merupakan jaringan beribu-ribu
komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu : client dan server. Dua
hal yang perlu diperhatikan adalah software web server dan software web
browser. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang
menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dan web server.
HTTP merupakan protokol standar yang digunakan dalam mengakses dokumen
HTML. URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu sarana untuk
menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat diibaratkan
sebagai suatu alamat. URL terdiri dari :
Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
Nama komputer (server) dimana informasi tersebut berada.
Jalur atau path serta nama file dari suatu informasi.
Contoh URL : http://www.detiksport.com/sepakbola/index.php
http adalah protokol yang digunakan
http://www.detiksport.com adalah nama host atau server komputer dimana informasi yang dicari berada
sepakbola adalah jalur atau path dari informasi yang dicari.
index.php adalah nama file dimana informasi tersebut berada.
Internet tidak memiliki sentralisasi pemerintahan baik dalam
implementasi teknologi atau kebijakan untuk akses dan penggunaan; setiap
jaringan konstituen menetapkan standar sendiri. Hanya melampaui batas
definisi dari dua ruang nama utama di Internet, alamat Internet Protocol
ruang dan Domain Name System, yang diarahkan oleh organisasi pengelola,
Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Dasar
teknis dan standardisasi protokol inti (IPv4 dan IPv6) adalah kegiatan
Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah organisasi nirlaba dari
peserta internasional longgar berafiliasi bahwa siapa pun dapat
mengaitkan dengan dengan menyumbangkan keahlian teknis.
bila ditinjau dari segi penulisannya, terdapat dua arti internet, yakni:
Internet
Jaringan internet (huruf “i” kecil sebagai huruf awal) adalah suatu
jaringan komputer yang mana komputer-komputer terhubung dapat
berkomunikasi walaupun perangkat keras dan perangkat lunaknya berlainan
(sering kali disebut juga internet-working)
Internet
Jaringan Internet (huruf “I” besar sebagai huruf awal) adalah jaringan
dari sekumpulan jaringan (networks of networks) yang terdiri dari jutaan
komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan
suatu aturan komunikasi jaringan komputer (protokol) yang sama. Protokol
yang digunakan tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet
Protocol (TCP/IP). Istilah pertama (dengan huruf “i” kecil) merupakan
istilah yang digunakan pada masa awal perkembangan internet. Seiring
dengan makin meluasnya penggunaan internet, istilah kedualah (dengan
huruf “I” besar) yang diterima oleh pengguna internet. Penulisannya pun
berubah. Dari menggunakan huruf “I” besar menjadi huruf “i” kecil.
Dengan adanya hubungan komunikasi lintas jaringan pada internet, setiap
komputer yang terdapat di dunia dapat terbubung satu dengan yang lain.
Hal inilah yang menyebabkan komunikasi di internet sangat cair. Karena
penggunaan internet tidak mengenal batas negara, status ekonomi,
idiologi dan faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat
komunikasi dan pertukaran informasi di dunia nyata. Dengan alasan
inilah, sebagian orang menyebut internet sebagai revolusi di bidang
teknologi dan informasi.
Penggunaan Komputer Dalam Masyarakat
Perkembangan teknologi yang mencakup perkembangan komputer telah banyak
berperan di dalam kehidupan masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju
maupun di negara yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Komputer
sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta
api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang
membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk
dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan
dan ketelitian yang tinggi. Namun perkembangan ini tidak lepas dari
cacat yang melekat pada manusia, dan pada segala sesuatu yang keluar
dari buah tangannya, terutama dalam soal pendidikan di perguruan tinggi.
Salah satu dampak multidimensional dari penggunaan TI yang canggih
adalah di dalam proses pembelajaran. Para ahli-ahli fisika, elektronika
dan komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar.
Pengolah semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari
produk tenaga lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat
udara, kamera, komputer pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai
dengan perkembangan zaman.
Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk
mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan
komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun
laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga
sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon,
kartu kredit dan lain sebagainya. Pada dasarnya komputer digunakan
sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data
atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai
terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
1. Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
2. Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
3. Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
4. Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
5. Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional
6. Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian,
administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
7. Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer
di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum
disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak
selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk
tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat
dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.
Prediksi Masa Depan Penggunaan Komputer Dan Dampaknya Terhadap Tenaga Kerja
Perkembangan komputer yang secara cepat saat ini dirasakan sangat
berpengaruh terhadap kinerja suatu perusahaan atau perorangan
pemakainya. Misalkan dalam implementasinya, suatu perusahaan atau pabrik
yang melakukan produksi suatu barang hampir sebagian besar di Negara
maju dan di Negara berkembang seperti Indonesia ini sudah menggunakan
teknologi komputer. Salah satu contohnya adalah penggunaan robot dalam
proses produksi suatu barang.
Sehingga dampak yang akan terjadi pada tenaga kerja adalah akan semakin
sedikit tenaga kerja yang diserap oleh suatu perusahaan atau pabrik
produksi karena dipandang bahwa robot yang sudah diprogram sesuai
penggunaannya bisa melakukan hal-hal yang dilakukan oleh tenaga manusia.
Dengan kata lain, tenaga kerja akan semakin berkurang karena yang
dibutuhkan adalah tenaga kerja yang mempunyai keahlian tertentu saja.
Misalkan mempunyai keahlian dalam mengoperasikan robot tersebut.
Sedangkan masyarakat di Indonesia misalnya, hanya sedikit yang bisa
mencapai hal tersebut.
Hal ini tentunya akan berdampak kurang baik dalam kehidupan masyarakat
di Indonesia dengan rata-rata keahlian tenaga kerjanya adalah hanya
tamatan Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) atau yang sederajat.
Prediksi dalam penggunaan komputer adalah dengan semakin canggihnya
suatu teknologi komputer tersebut dibuat akan semakin berdampak dalam
kehidupan manusia di dunia ini. Banyak dampak positif dari perkembangan
komputer ini, namun tidak sedikit pula dampak negatif yang akan didapat.
Sebagai contoh, seperti dikutip dari BBC, seorang ilmuwan dari Institute
for Computing in the Humanities, University of Illinois, Amerika
Serikat (AS), Kalev Leetaru, mengemukakan bahwa sebuah komputer super
yang dibekali dengan berjuta-juta informasi mampu memprediksi
kejadian-kejadian besar di masa mendatang. Komputer itu mampu mengenali
gejala-gejala awal yang bermuara pada revolusi di Libya dan Mesir
baru-baru ini. Selain itu, komputer maha canggih itu tak kesulitan
menangkap tanda-tanda keberadaan almarhum Osama bin Laden, buronan
teroris nomor satu AS.
Dampak Positif Internet
Internet, sebagai teknologi ciptaan manusia, pasti memiliki pengaruh
positif terhadap prestasi siswa di sekolah, berikut ini adalah beberapa
contohnya. Bisa Membuat orang semakin eksis http://giriblogs.blogspot.com/2012/01/berbagai-cara-eksis-dengan-internet.html
• Internet memberikan segala informasi pendidikan yang sangat banyak dan
luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para siswa dalam menunjang
proses belajar mereka.
• Internet membuat proses belajar menjadi lebih cepat, hal ini
dikarenakan internet sangat mudah digunakan dan didukung oleh banyaknya
search engine (mesin pencari) seperti Google untuk mencari informasi.
Siswa tinggal membuka mesin pencari, memasukkan kata kunci yang
diinginkan, lalu munculah segala informasi yang dibutuhkan.
• Dengan banyaknya informasi yang tersedia di internet dan kemudahan
untuk mendapatkannya, siswa cenderung untuk terus belajar dan mencari
segala macam info di dunia maya ini. Hal tersebut adalah salah satu
pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa dari segi positif.
• Tak seperti buku, internet menyuguhkan informasi dengan cara yang
lebih menarik. Misalnya, bila ada gambar pada suatu artikel, gambar
tersebut kadang bergerak (animasi), hal ini tentu lebih menarik dan
membuat otak siswa tidak jenuh.
• Tak hanya soal pendidikan, internet juga menyuguhkan jejaring sosial
yang berguna untuk melatih siswa agar lebih baik dalam bersosialisasi,
baik dengan orang-orang yang sudah dikenal maupun dengan orang asing.
• Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang
paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
• Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan
www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet
di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
• Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang
pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting
dan akurat.
• Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
• Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
• Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif Internet
Internet diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, tapi
bagaimanapun juga, internet memiliki sisi negatif yang tak bisa
dihindari oleh siapapun, khususnya para siswa sekolah. Siswa sekolah
adalah anak berusia muda, usia seperti ini umumnya labil dan cenderung
ingin tahu. Berikut beberapa contoh pengaruh internet terhadap prestasi
belajar siswa dari segi negatif.
• Banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film, akan membuat
siswa terlena dan lupa waktu. Situs-situs seperti ini boleh dikonsumsi
sebagai hiburan untuk membuat otak tidak jenuh, tapi kalau sampai lupa
waku belajar tentu prestasi siswa juga akan menurun.
• Saat ini banyak sekali situs jejaring sosial yang dikenal oleh para
siswa sekolah, hal ini bisa menyebabkan siswa lupa waktu dan sibuk
mencari hiburan lewat jejaring sosial.
• Tak hanya itu, jejaring sosial yang seharusnya bisa meningkatkan
sosialisasi para siswa, kadang malah menjauhkan siswa dari teman-teman
sekitar. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya
daripada teman di sekitar mereka. Hal ini bisa berdampak buruk, karena
umumnya yang dibicarakan dengan teman di dunia maya bukanlah hal-hal
yang berhubungan dengan pendidikan. Ini menjadi salah satu pengaruh
internet terhadap prestasi belajar siswa secara negatif karena siswa
menjadi lupa belajar.
• Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi,
memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki
internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para
produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk
memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat
gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan
kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
• Violence and Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan.
Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para
pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs
mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
• Penipuan. Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun
tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan
pada penyedia informasi tersebut.
• Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan
menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam
dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan
kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat
mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)
on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka
menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
• Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang
tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi
keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena
umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan
dari pengunjungnya.
• Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka
berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to
face).
• Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
• Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi
dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan
tersebut.
Penggunanan Komputer Dan Dampaknya Terhadap Tenaga Kerja Dalam Bidang
Perbankan, Transportasi, Pendidikan, Komunikasi, Teknologi Informasi
Bidang Perbankan
Pemanfaatan teknologi komputer dalam dunia perbankan adalah dengan
diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan
Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui
Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindah
bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Di kota-kota besar,
kita dapat memastikan kebanyakan orang telah mempunyai rekening di bank.
Rekening yang bisa berupa tabungan, rekening koran, giro, ataupun
deposito. Tapi melakukan transaksi di kantor bank terkadang memakan
waktu cukup lama terutama harus antri menunggu giliran. Tidak jarang
karena kesal dan tidak sabar menunggu dilayani sehingga memanfaatkan
cara lain yaitu seperti menggunakan ATM (anjungan tunai mandiri) bank
yang tersebar di beberapa tempat. Namun terkadang seseorang bisa
bertambah kesal karena di depan ATM ternyata terdapat barisan orang yang
mengantri pula. Memanfaatkan internet sebagai salah satu jalur
transaksi perbankan yang lebih mudah diakses dimanapun seperti di rumah
atau kantor dan juga kapanpun selama 24 jam satu minggu penuh. Internet
banking yang juga dikenal dengan istilah online banking ini menurut
situs wikipedia adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi
lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi
sistem keamanan. Internet banking biasanya menyediakan fitur pembayaran
berbagai rekening baik listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya
secara online. Selain itu, setiap saat para konsumen bisa memeriksa dan
mengunduh daftar transaksi keuangan mereka atau jumlah simpanan secara
online. Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen
perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau
swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA,
Bank Mandiri, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya.
Bidang Transportasi
Dalam bidang transportasi, komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu
lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk
menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.
Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan
memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian
jalan raya tertentu. Selain itu dengan adanya teknologi GPS, para
pemakai jalan dapat mencari alternative dalam menggunakan jalan untuk
mencapai suatu tempat yang dituju dengan memilih jalur terpendek.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran
dikenal sebagai CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted
Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam
pelajaran. Selain itu komputer jg dapat digunakan untuk meyimpan
data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian
maupun latihan. Kemudian hal tidak kalah pentingnya adalah penggunaan
computer ini untuk membantu pelajar/mahasiswa dalam mencari suatu
pengetahuan baru dan membantu dalam pengerjaan tugas.
Bidang Komunikasi
Pemanfaatan computer dalam bidang komunikasi telah terjadi kemajuan yang
sangat pesat. Dari kemajuan tersebut Kita akan lebih cepat mendapatkan
informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun
melalui internet, dapat juga digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan
teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
Bidang Teknologi Informasi
Dewasa ini teknologi computer banyak digunakan oleh ahli computer
(grafis khususnya) untuk membuat suatu program yang berbentuk permainan,
baik yang offline maupun yang online. Banyak dari permainan ini
mempunyai sifat mendidik dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
Persaingan berlangsung amat ketat di antara tempat permainan dan juga
antara produsen peralatan. Meningkatnya tuntutan untuk memproduksi
permainan baru menyebabkan pendeknya umur dari permainan video. Di masa
yang akan dating sesuai dengan perkembangan teknologi, permainan video
tampaknya masih cerah terutama setelah dikembangkannya efek 3 dimensi
pada layar video dengan resolusi tinggi. Warnanya pun lebih bervariasi
ditambah dengan kemampuan komputer untuk menyesuaikan diri dengan
kemampuan pemakai. Kemudian dengan berkembangnya kemampuan kapasitas
penyimpanan data dapat dimanfaatkan pula oleh perancang permainan ini
untuk menciptakan terus permainan yang menarik, bervariasi sehingga
tidak terlalu cepat membosankan pemakai, dan tentunya tidak meninggalkan
tentang kemampuan grafis yang tinggi dapat dimanfaatkan bagi
pengembangan program pendidikan yang menarik bagi para siswa. Bila kaum
muda tertarik pada permainan video, mereka akan tertarik pada komputer
dan pemrograman karena pada kenyataannya komputer pribadi lebih banyak
digunakan untuk permainan dibandingkan untuk pemrograman. Karena dalam
permainan akan mempunyai nilai yang lebih dengan perkembangan teknologi
computer yang semakin canggih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar